Selasa, 02 April 2013


HAK  ASASI MANUSIA
Di era globalisasi ini banyak sekali manusia yang menyampingkan hak-hak asasi manusia. Banyak orang yang sudah tidak lagi memikirkan kehidupan sesamanya. Sepereti halnya di Indonesia, banyak hak asasi manusia yang tidak dipedulikan baik dari segi manapu. Padahal dalam menjani kehidupan ini sangatlah dibutuhkan hak asasi sesama manusia. Agar dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dan saling menghormati sesama manusia.
Definisi dari HAM / Hak Asasi Manusia itu sendiri adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan / tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia ham di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Salah satu tokoh ham di Indonesia adalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dari Indonesia.
Terkadang masih ada sebagian orang yang belum mengerti hak-hak asasi apa saja yang seharusnya diperoleh oleh setiap manusia. Hal ini seharusnya menjadi penggerak bagi pemerintah untuk mensosialisasikan betapa pentingnya kehidupan yang aman dan sejahtera dengan cara saling menghormati sesama manusia dan menjungjung tinggi hak asasi manusia. Hak Asasi Manusia sendiri dibagi menjadi berbagai macam jenisi. Jenis-jenis Ham itu sendiri dapat di bedakan menurut jenis-jenisnya dan macam-macamnya sebagai berikut:
1. Hak asasi pribadi / personal Right
Hak asasi Pribadi / personal Right adalah hak asasi yang seharusnya di dapatkan oleh seseorang / perseorangan demi terciptanya kenyamanan dan keamanan pada diri orang tersebut. Berikut adalah beberapa contoh hak asasi pribadi:
·         Hak kebebasan untuk bergerak, bepergian dan berpindah-pndah tempat
·         Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat
·         Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan
·         Hak kebebasan untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing

2. Hak asasi politik / Political Right
Hak asasi politik / Political Right adalah hak asasi yang wajib dipenuhi ketika seseorang memasuki ranah politik atau ketika seseorang sedang ikut andil dalam kehidupan berpolitik. Hal ini bertujuan untuk menjaga norma-norma berpolitik yang baik dan menjaga keamanan serta kenyamanan  dalam kehidupan politik.
·         Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan
·         hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan
·         Hak membuat dan mendirikan parpol / partai politik dan organisasi politik lainnya
·         Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi
3. Hak asasi hukum / Legal Equality Right
Hak Asasi Hukum / Legal Equality Right adalah hak asasi yang harus dipenuhi oleh orang yang berada dalam lingkungan hukum baik dalam hukum pidana maupun hukum perdata. Berikut adalah contoh-contoh hak asasi hukum yang harus dipenuhi dalam kehidupan berhukum:
·         Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
·         Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / pns
·         Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum
4. Hak azasi Ekonomi / Property Rigths
Hak Asasi Ekonomi / Property Rights adalah hak-hak yang harus dilakukan dalam kegiata ekonomi. Berikut adalah contoh hak asasi dalam kegiatan ekonomi:
·         Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli
·         Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak
·         Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa, hutang-piutang, dll
·         Hak kebebasan untuk memiliki susuatu
·         Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak
5. Hak Asasi Peradilan / Procedural Rights
Hak asasi peradilan adalah hak yang harus didapatkan oleh sesorang ketika orang tersebut sedang menjalani proses hukum baik hukum pidana maupun perdata. Berikut adalah contoh dalam hak asasi peradilan:
·         Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan
·         Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapan, penahanan dan penyelidikan di mata hukum.
6. Hak asasi sosial budaya / Social Culture Right
Hak asasi sosial budaya adalah hak yang didapatkan oleh seseorang dalam memilih sosial budaya dalam menjalani kehidupan berbangsa. Berikut adalah contoh dalam hak asasi sosial budaya:
·         Hak menentukan, memilih dan mendapatkan pendidikan
·         Hak mendapatkan pengajaran
·         Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar